Tips Cara Berjualan Online dengan Media Sosial

by -125 views

Jika Anda bingung memulai bisnis online atau menjual secara online, Anda bisa mulai menggunakan media sosial sebagai sarana untuk menjual produk Anda. Karena, seperti yang kita semua tahu, semakin banyak pengguna akun media sosial dan Anda dapat menjadikannya target pasar dan penjualan utama Anda.

Yang harus Anda ketahui adalah bahwa media sosial juga sangat efektif untuk promosi produk online atau kegiatan pemasaran. Oleh karena itu, mulai sekarang, seharusnya tidak lagi bingung ke mana harus melakukan promosi penjualan online. Manfaatkan media sosial sebagai peluang bisnis Anda.

Sebelum memulai dan menggunakan media sosial untuk alat berjualan online, alangkah baiknya mengetahui beberapa tips atau cara berjualan online di media sosial yang akan kami sampaikan berikut.

1. Anda harus memiliki akun media sosial

Jika Anda ingin mulai berjualan online di media sosial, Anda harus memiliki akun media sosial seperti Facebook, Twitter atau Insragram. Jika Anda tidak memiliki banyak akun media sosial, Anda dapat menggunakan media sosial yang Anda miliki.

Tetapi alangkah baiknya Anda membuat akun media sosial khusus dengan nama toko online Anda sehingga akun pribadi tidak bercampur dengan akun promosi atau toko.

Jika Anda masih belum memiliki satu akun media sosial, maka segeralah membuatnya. Media sosial yang paling mudah digunakan dan paling banyak penggunanya adalah Facebook, sehingga sangat ideal jika Anda memulainya dari yang paling mudah terlebih dahulu.

2. Bergabung dengan grup atau forum yang tersedia di media sosial

Jika Anda sudah memiliki akun media sosial, untuk promosi dan penjualan online yang akan Anda jalankan, sekarang saatnya untuk bergerak cepat dengan bergabung dengan grup atau forum yang tersedia di salah satu akun media sosial Anda.

Cobalah untuk bergabung dengan grup atau forum yang sesuai atau berhubungan dengan produk yang akan Anda jual. Jangan sampai Anda bergabung dengan grup atau forum yang salah. Karena kita bisa melanggar aturan dengan memiliki produk yang tidak sesuai dengan grup atau forum. Patikan bergabung dengan grup atau forum yang spesifik dan tidak terlalu umum, karena tingkat efektifitas akan lebih tinggi dan produk Anda lebih mudah terjual.

3. Jangan promosi secara SPAM

Yang dimaksud dengan jangan promosi secara SPAM di sini adalah Anda tidak terus melakukan promosi dalam grup atau forum setiap beberapa menit/jam sekali, karena itu hanya akan membuat pengguna media sosial lainnya merasa tidak nyaman. Promosikan secara profesional agar tidak mengganggu pengguna lain, gunakan kalimat dan detail menarik untuk menarik pembeli potensial.

4. Buat spesifikasi produk dengan detail

Karena bisnis Anda berbasis online, Anda juga harus menggunakan kalimat promosi dengan benar dan tidak sembarangan. Sertakan spesifikasi yang jelas sehingga calon pembeli lebih mempercayai Anda.

Buat kalimat promosi yang masuk akal dan jangan berlebihan, sampaikan tentang produk yang Anda jual singkat dan padat. Jangan lupa juga menyertakan harga untuk membuatnya lebih jelas.

5. Membangun hubungan yang baik dengan pembeli potensial

Menanggapi dengan sopan semua pertanyaan dari calon pembeli, mereka ingin membeli produk kita atau tidak adalah urusan belakangan, yang terpenting yaitu kita dapat menunjukkan pelayanan yang baik.

Anda juga harus memahami bahwa jika karakter setiap pembeli potensial berbeda, Anda harus bersabar dalam hal ini.

Bahkan jika mereka tidak memesan pada saat itu, mereka berpotensi untuk memesannya di masa depan. Intinya adalah untuk menciptakan hubungan yang baik antara Anda dan pembeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *