Tips agar Usaha tetap Bertahan selama Pandemi Corona

by -102 views
Tips agar Usaha tetap Bertahan selama Pandemi Corona
Tips agar Usaha tetap Bertahan selama Pandemi Corona

Saat wabah pandemi Corona ( COVID-19 ) mulai menyebar di seluruh dunia, banyak sektor usaha tergaggu pemasukannya. Baik perusahaan besar, kecil, UMKM atau sektor usaha rumahan. Banyak dari usaha gulung tikar dan merumahkan karyawannya untuk sementara waktu.

Hal tersebut terjadi karena ada anjuran untuk berada di rumah saja, sebagai upaya menghindari penyebaran virus corona.

Moka sebuah perusahaan yang bergerak di ranah aplikasi kasir, menyebutkan bahwa dari jumlah total 15.000 sampai 20.000 outlet yang terdaftar di pihaknya, sekitar 37 persen pendapatannya turun.

Tips agar usaha tetap bertahan

Anda bisa menggunakan beberapa tips berikut agar usaha anda tetap bertahan di kondisi wabah Corona ini, bahkan omsetnya bisa meningkat.

1. Menentukan Pilihan Kerja dari Rumah

Agar imun tetap terjaga, aman dari virus, dan lebih efektif waktu, anda bisa memilih opsi Kerja dari Rumah. Anda bisa berkomunikasi dengan Tim anda melalui aplikasi WhatsApp group, Video Call, Email dan aplikasi lain yang sekiranya tetap bisa berkomunikasi secara efektif. Jika usaha anda bergerak di bagian produk, anda bisa membagi pekerjaan dengan tim anda untuk mengerjakannya di rumah

2. Komunikasi dengan Customers

Jika anda telah memiliki janji dengan customers anda, baik untuk tujuan meeting, pesanan produk, atau hal lainnya, segera komunikasikan apa yang menjadi kebijakan usaha anda berkaitan denagn wabah Corona. Anda bisa memberikan beberapa opsi terbaik yang tentunya tidak merugikan anda dan customers.

Usaha yang telah berjalan tentu memiliki pelanggan tetap, komunikasikan juga terkait kebijakan aturan baru yang anda terapkan. Mulai dari pembelian, pengantaran dll

3. Menggunaka Layanan Delivery

Gunakan Layanan delivery untuk memudahkan konsumen mendapatkan produk anda. Karena orang-orang pasti memilih tetap dirumah dan mengurangi aktivitas diluar rumah. Sesekali anda juga bisa berikan diskon free ongkir untuk Layanan ini.

Tips agar Usaha tetap Bertahan
Tips agar Usaha tetap Bertahan menggunakan Layanan Delivery

4. Membuat Paket Buy one Get one.

Diperlukan perhitungan keuntungan anda terlebih dahulu untuk menggunakan cara ini. Buat paket seolah lebih murah jika konsumen membeli ddenagn sistem Paket. Cara ini bertujuan agar daya beli tetap ada.

5. Transformasi Digital.

Sebelum masa pandemi, sudah ada sebagain usaha yang menerapkan sistem ini, terutama dalam hal promosi. JIka sebelumnya anda sudah tahu hal ini dan belum menerapkannya, inilah saatnya merubah Cara pemasaran anda dengan metode Digital Marketing. Manfaatkan karyawan dan tim anda untuk melakukan Promosi melalui media sosial, dan media chatting lainnya.

Industri kosmetik di Wuhan China “Lin Qingxuan”menghentikan 40% dari toko-tokonya. dan mereka memakai platform digital seperti wechat untuk berkomunikasi dengan customer.
Hasilnya, penjualannya di Wuhan meraih perkembangan 200% dibanding penjualan tahun terdahulu. (Ulasan Harvard Business).

6. Promosi Online

Apabila toko Anda terpaksa tutup, Gunakan metode promosi online agar usaha penjualan anda tetap berjalan. Promosikan produk anda melalui media sosial, membuat website, membuat toko online, membuat video promosi di Youtube untuk mendapatkan customer potensial.

Semoga Tips agar usaha tetap bertahan ini bermanfaat untuk anda, dan sebagai awal transformasi ke dunia digital ( industri 4.0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *