9 Tips Mengelola Keuangan Bagi Pasangan Muda

by -87 views

Saat memulai rumah tangga, lebih baik bagi pasangan muda untuk saling memahami, baik dari segi kepercayaan, kejujuran dan yang paling penting, keuangan. Pasangan muda harus ingat bahwa masalah rumah tangga yang sering terjadi disebabkan oleh keuangan. Tantangan finansial adalah tantangan yang harus diantisipasi pasangan muda untuk menjaga keharmonisan rumah.

Namun seringkali pasangan muda belum siap untuk lebih terbuka tentang situasi keuangan mereka dengan pasangan. Meskipun keterbukaan finansial seperti ini merupakan aspek penting dari hubungan keluarga. Masalah keuangan tidak hanya diatur oleh istri saja tetapi oleh kedua belah pihak. Untuk membantu mengelola keuangan Anda dengan pasangan Anda, berikut adalah 9 Tips Mengelola Keuangan Bagi Pasangan Muda.

1. Buat anggaran bersama

Sebagai pasangan yang baru menikah, lebih baik bagi Anda dan pasangan untuk segera menyusun anggaran bersama, yang dapat digunakan sebagai persediaan dana untuk kebutuhan khusus di masa depan. Anggaran seperti ini dapat terdiri dari 25 persen dari penghasilan yang Anda dan pasangan Anda terima setiap bulan.

2. Tabungan terpisah

Agar tidak membingungkan anggaran keluarga, maka ada baiknya Anda dan pasangan juga memiliki tabungan masing-masing yang berfungsi sebagai penyedia anggaran kebutuhan pribadi.

3. Tabungan masa depan

Selalu persiapkan masa depan dengan selalu menabung. Saat membuat anggaran keluarga, pastikan untuk mempertimbangkan sisa anggaran yang berhasil Anda dapatkan dari pengeluaran yang akan Anda buat. Karena sisa anggaran seperti ini bisa digunakan untuk menabung untuk persediaan di masa depan.

4. Anggaran darurat

Untuk mengantisipasi bencana yang tidak diinginkan, lebih baik bagi Anda dan pasangan untuk melakukan penghematan khusus untuk anggaran darurat.

5. Beli rumah

Rencana untuk memiliki tempat tinggal pribadi untuk Anda dan pasangan adalah tujuan yang harus Anda capai, oleh karena itu, diskusikan dengan pasangan Anda untuk mendapatkan tabungan khusus yang digunakan untuk membeli rumah. Atau jika menabung untuk membeli rumah dianggap terlalu lama, Anda dapat menggunakan layanan lain, seperti Pinjaman Perumahan Rakyat (KPR), yang sering ditawarkan bank.

6. Diskusikan secara terbuka

Mendiskusikan secara terbuka tentang masalah keuangan dengan pasangan Anda adalah sesuatu yang harus selalu Anda lakukan. Terbuka untuk kedua pasangan dalam hal pendapatan dan pengeluaran keuangan. Karena selain memperkuat ikatan yang Anda miliki, Berdiskusi secara tebuka dengan pasangan Anda juga dapat membuat Anda lebih efisien dalam pengeluaran keuangan. Karena dengan mengetahui pengeluaran dan pendapat masing-masing, akan menjadi lebih mudah untuk mengelola keuangan keluarga.

7. Pantau anggaran pengeluaran keuangan berkala

Sebelum menghabiskan uang untuk kebutuhan sehari-hari, pertama-tama atur perencanaan keuangan yang baik. Sehingga biaya yang dikeluarkan setiap hari bisa dihitung dengan jelas. Perhatikan perkembangannya. Karena harga kebutuhan rumah tangga semakin meningkat, nilai pengeluaran yang dihasilkan pasti akan lebih tinggi. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengawasi di sektor pengeluaran ini.

8. Asuransi

Antisipasi peristiwa yang tidak diinginkan di masa depan yang tidak dapat di atas dengan anggaran darurat saja, tetapi dana tambahan lainnya juga diperlukan, untuk mengantisipasi jika bencana yang dihadapi memiliki dampak yang jauh lebih besar dari yang diharapkan yaitu dengan mengikuti asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asuransi pendidikan, dan asuransi pensiun.

9. Minimalkan hutang

Ketika Anda telah menjalani kehidupan baru sebagai suami dan istri muda, Anda memasuki dunia baru yang lebih mandiri dan lebih sulit. Karena itu, sebagai langkah awal, hentikan kebiasaan masa lajang Anda yang sering berhutang atau menggunakan kartu kredit. Fokuslah pada membangun rumah tangga dengan menahan keinginan untuk memiliki barang-barang mewah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *