7 Tips Membeli Tanah yang Wajib Anda Ketahui

by -112 views

Selain memilih tanah yang menguntungkan, pertimbangkan juga faktor keamanan. Untuk itu, pastikan untuk mengikuti langkah selanjutnya saat membeli tanah.

1. Lokasi strategis

Faktor pertama yang harus menjadi perhatian Anda saat membeli tanah adalah lokasi. Karena itu, jangan pilih sembarangan jika Anda benar-benar berniat menjadikan tanah sebagai investasi jangka panjang. Alasannya, tentu saja, bahwa di masa depan tanah akan dapat memberikan banyak keuntungan. Anda harus menghabiskan sejumlah besar modal untuk membeli tanah dan jika Anda tidak berpikir dengan hati-hati, lokasi yang Anda pilih dapat menjadi kerugian besar karena tidak ada pembeli yang tertarik pada tanah tersebut.

2. Prospek cerah

Properti tanah yang terjangkau dari fasilitas umum, serta lokasi industri, memiliki potensi untuk meningkatkan nilainya dalam waktu mendatang. Atau, Anda dapat memilih properti yang dekat dengan proyek pemerintah, pusat pendidikan, dan area pengembangan kota.

3. Aman terhadap bencana alam

Tentu saja, tidak ada yang mau hidup atau memulai bisnis di daerah yang rawan bencana alam. Karena itu, poin ini harus benar-benar diperhatikan. Tanah di daerah bencana alam tidak mudah dijual karena orang pada umumnya khawatir tinggal di daerah itu. Anda bisa kehilangan uang karena nilai tanah tidak meningkat.

Lakukan survei langsung untuk menghindari penjual tanah yang tidak jujur, jika perlu, tanyakan pada penduduk sekitar mengenai keamanan lingkungan sekitar terhadap bencana alam.

4. Kondisi fisik tanah

Jangan lupa memperhatikan kondisi tanah, yaitu arah tanah, ukuran tanah, kepadatan dan kerataan tanah, bentuk tanah dan kesuburan. Sebagian besar pembeli akan mencari tanah datar dan padat untuk memfasilitasi pembangunan bangunan. Kondisi tanah cekung, tidak rata dan kurang padat tentu membutuhkan dana tambahan untuk diakumulasikan sebelum membangun gedung di atasnya.

5. Legalitas dan surat-surat resmi tanah

Jika semua poin sebelumnya telah dipenuhi, hal-hal berikut ini terkait dengan legalitas tanah sebagaimana dibuktikan oleh dokumen resmi. Sertifikat tanah, misalnya, termasuk hak atas tanah, yaitu hak pakai, hak sewa, hak milik, dll. Dengan begitu, ketika Anda melakukan pembelian kepemilikan tanah, tanah tersebut akan menjadi milik Anda setelah pembayaran selesai. Properti yang tidak direkomendasikan untuk dibeli adalah properti dengan tanah yang disengketakan, di bawah pengawasan bank atau terkait dengan pajak.

6. Harga tanah

Tentu saja, sangat masuk akal jika pemilik properti menginginkan tanahnya dijual dengan harga tinggi, sementara Anda berniat membeli dengan harga serendah mungkin. Di sinilah kompetisi diperlukan untuk bernegosiasi sehingga Anda bisa mendapatkan harga serendah mungkin selama itu wajar sehingga ketika dijual Anda bisa mendapatkan manfaat yang memadai.

Jika pemilik menetapkan harga jual yang terlalu tinggi, tidak peduli seberapa bagus tanah itu atau berada di area yang sangat strategis, itu harus mencegah niat beli. Alasannya tentu saja karena Anda akan kesulitan mendapatkan konsumen. Tentu saja, Anda harus menaikkan harga tanah lebih banyak lagi untuk mendapat untung dari penjualan.

6. Harga tanah stabil

Investasi properti idealnya dirancang dalam jangka panjang karena memiliki potensi untuk memperoleh peluang keuntungan besar mengingat harga tanah yang selalu meningkat setiap tahun. Di wilayah strategis, kenaikan harga tanah bisa mencapai 20% per tahun. Karena itu, pastikan bahwa properti yang Anda pilih cukup stabil untuk dapat menjualnya lebih mahal nanti.

7. Dana untuk investasi

Modal yang digunakan untuk investasi tanah harus netral atau tidak digunakan sama sekali. Dana netral juga tidak berarti tabungan untuk kebutuhan mendadak, dana untuk pendidikan, kesehatan atau modal ventura. Ini hanya dalam hal di masa depan Anda mengalami masalah keuangan dan membutuhkan uang sesegera mungkin, sedangkan investasi dalam bentuk tanah tidak dapat dijual dalam waktu sesingkat mungkin, atau bahkan sekali Anda merasa sulit untuk mendapatkan harga terbaik .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *