5 Tips Mengelola Keuangan Bagi Mahasiswa Baru

by -392 views

Seorang mahasiswa dituntut untuk cerdas dalam pengelolaan uang. Yaitu, membagi antara kebutuhan pribadi dan kebutuhan kuliah. Biasanya mahasiswa dengan anggaran bulanan kecil, dapat mengelola keuangan lebih baik daripada mereka yang memiliki anggaran bulanan lebih besar.

Mengatur keuangan memang tergantung pada masing-masing individu, namun kita harus selalu dituntut untuk mengatur keuangan sebaik mungkin. Jadi, bagi Anda yang saat ini adalah mahasiswa, terutama mahasiswa baru dan ingin terbiasa mengelola keuangan mereka dengan benar, berikut adalah 5 tips mengelola keuangan bagi mahasiswa baru.

1. Catat keuangan Anda

Maksudnya di sini adalah bahwa Anda harus mendaftarkan semua aktivitas keuangan Anda dengan satu buku catatan dan mulai mencatat Penghasilan dan Beban yang terjadi. Kumpulkan juga bukti pengeluaran yang telah dibuat, seperti tanda terima pembayaran, tanda terima pembayaran, dll.

Karena itu, Anda dapat lebih mudah memantau dan mengevaluasi situasi keuangan Anda selama sebulan. Jika selama sebulan ada sesuatu yang salah dan tampaknya bahkan sia-sia, Anda dapat menandainya dan mencoba menyelesaikannya bulan depan.

Setelah itu, jika Anda terbiasa dengan rutinitas, maka saya yakin Anda dapat membentuk karakter positif dalam pengelolaan keuangan di masa depan.

2. Rencanakan anggaran untuk pengeluaran Anda.

Perencanaan ini sangat PENTING. Di awal bulan, cobalah untuk merencanakan pengeluaran Anda, seperti: makan, membayar sewa untuk naik pesawat (jika Anda meninggalkan kamar Anda), membayar hutang, mengerjakan tugas universitas, dll.
Saran tentang bagaimana mengelola keuangan melalui perencanaan pengeluaran memiliki manfaat yang cukup bagus. Artinya, itu akan menghindari pengeluaran terlalu banyak yang tidak terkontrol.

3. Jangan satukan rekening pribadi dengan lainnya

Saat ini, memiliki rekening bank adalah kewajiban bagi semua mahasiswa. Ini sangat berguna untuk memfasilitasi transfer uang, menabung uang, dan menyimpan uang Anda dengan aman. Nah, bagi mahasiswa yang sibuk dalam bisnis, jangan pernah menyimpan uang pribadi dengan uang bisnis dalam satu akun. Ini sangat tidak efisien. Anda akan bingung dalam pengelolaan uang.

4. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan

Tidak dapat dipungkiri, awal bulan adalah saat di mana Anda akan memiliki banyak uang, juga pada saat itu, sifat konsumsi cenderung membanjiri diri. Keinginan untuk membeli ini dan itu sepertinya sulit dihilangkan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba membuat daftar skala prioritas. Prioritas di sini adalah memprioritaskan kebutuhan yang paling mendesak, seperti membayar biaya semester, membayar biaya asrama, membayar hutang, dan sebagainya.

5. Jangan lupa menabung

Kita semua tahu bahwa seorang mahasiswa memiliki kebutuhan yang tidak sedikit. Namun, jangan sampai terlalu banyak memenuhi kebutuhan Anda menjadi lupa menabung. Setiap uang bulanan yang Anda habiskan, pasti memiliki sedikit sisa jika dikelola dengan baik. Hindari menggunakan uang sisa tersebut untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Simpanlah uang tersebut di tabungan untuk masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *