5 Tips Berjualan di Pinggir Jalan Bagi Pemula

by -204 views

Saat ini, hampir di seluruh jalan selalu memiliki tempat usaha, hal ini karena pembeli dapat dengan mudah menjgakau produk/jasa yang disediakan. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika harga tanah di sisi jalan, tidaklah murah, hal ini tentu saja karena prospek usaha di pinggir jalan cukup menjanjikan.

Nah, yang akan kami sajikan kali ini, khusus bagi Anda yang tertarik atau berminat berjualan di pinggir jalan. Berikut adalah 5 Tips Berjualan di Pinggir Jalan Bagi Pemula:

1. Pilih lokasi yang strategis

Untuk jualan di pinggir jalan, lokasi adalah hal yang paling menentukan keberhasilan atau kegagalan usaha Anda. Jika Anda ingin berjualan di pinggir jalan, pilih lokasi yang ramai, seperti di pusat keramaian, pasar, mall, pusat perbelanjaan, dll.

Usaha seperti menjual makanan ringan dan minuman sangat cocok jika didirikan di dekat pusat perbelanjaan, karena pasti banyak pembeli yang merasa lelah dan haus setelah berbelanja.

2. Pilih produk yang tepat

Sebelum berjualan langsung ke di pinggit jalan, Anda harus melakukan survei terhadap jenis produk atau jasa yang paling laku di jalanan. Kuliner merupakan salah satu dari banyak usaha yang paling sering di pinggir jalan. Namun itu juga tidak menutup kemungkinan dengan usaha-usaha lain. Untuk itu Anda perlu melakukan surveri terlebih dahulu.

Selain itu, Anda juga dapat menjual produk sesuai keinginan dan kemampuan Anda. Misalnya, jika Anda ingin menjual bakso dan memiliki bakat internal untuk membuat bakso yang lezat, tidak ada salahnya menjual bakso. Semuanya bisa disesuaikan dengan keadaan yang ada.

3. Tempat usaha nyaman

Tempat penjualan Anda tidak perlu mewah, yang terpenting adalah pembeli harus merasa nyaman berada di tempat usaha Anda. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kebersihan, karena tempat yang bersih akan membuat pelanggan merasa betah, terutama jika mereka menjual makanan, maka kebersihan adalah hal yang paling penting.

Selain itu Anda juga perlu memperhatikan fasilitas di tempat usaha Anda. Pastikan untuk menyediakan fasilitas tambahan yang sesuai dengan tempat usaha Anda, jika Anda menjual makanan, Anda harus menyediakan kursi, tikar, meja, dan lain-lain

4. Harga bersahabat

Persaingan bisnis di pinggir jalan cukup ketat, Anda pasti tahu bahwa saat ini di pinggir jalan hampir selalu ada tempat usaha yang menjual produk / makanan yang sama. Seperti warung bakso berdampingan, kios pulsa berdekatan, dll.

Jadi bagaimana kita bersaing dengan mereka? Tentu saja, Anda harus pintar menentukan harga. Tentukan harga yang bersahabat, misalnya di toko A, yang dijual dengan harga Rp. 10.000, – di toko Anda dapat membayar harga Rp. 9.500. Meskipun hanya selisih 500 rupiah, tetapi hal itu akan berdampak besar pada persaingan usaha Anda.

5. Layanan terbaik dan promosi

Jika Anda ingin mendapatkan pelanggan tetap, memberikan layanan yang sangat baik, layanan termasuk kesopanan, keramahan, salam, senyum. Selain layanan prima, promosi juga menjadi faktor yang penting untuk mensukseskan usaha Anda. Promosi ini sangat berguna untuk mempromosikan usaha Ande dengan cepat serta mendapatkan pelanggan-pelanggan baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *