4 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung

by -199 views

Sampai sekarang, penyakit kardiovaskular (jantung dan stroke) adalah penyebab utama kematian di dunia.
Penyakit ini telah merenggut hingga 17,3 juta orang setiap tahun.

Melakukan hal-hal penting untuk diri sendiri tidak lengkap tanpa menjamin kondisi jantung yang sehat. Pencegahan dini penyakit kritis sangat penting untuk keselamatan jiwa Anda di masa depan. Olahraga adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh dan jantung Anda.

Semua jenis olahraga memiliki fungsi yang baik untuk membantu menjaga berat badan ideal dan membuat tubuh bergerak. Jika dilakukan secara rutin, organ jantung akan tetap sehat. Berolah raga selama 30 menit setiap hari. Tidak masalah jenis olahraga apa yang Anda pilih, tetapi itu harus membuat tubuh berkeringat. Jika Anda benar-benar tidak bergerak sepanjang hari, kesehatan jantung akan memburuk.

Berikut adalah 4 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung

1. Pahami Risiko Kesehatan

Kunci untuk menjaga kesehatan jantung adalah mengetahui kondisi kesehatan Anda. Cobalah mengunjungi dokter Anda untuk pemeriksaan kesehatan rutin. Anda harus menjadwalkan pemeriksaan medis lengkap setidaknya setahun sekali, atau secara rutin di klinik kesehatan untuk evaluasi kesehatan cepat dari waktu ke waktu.

2. Berhenti merokok

Merokok sangat meningkatkan risiko tubuh tertular berbagai penyakit jantung dan kematian. Hati-hati jika Anda perokok pasif. Penelitian menunjukkan bahwa risiko penyakit jantung yaitu sekitar 25 sampai 30 persen lebih tinggi bagi orang-orang yang terpapar asap rokok baik di rumah atau di tempat kerja. American Heart Association mencatat bahwa paparan asap tembakau menyebabkan sekitar 34.000 kematian akibat penyakit jantung prematur dan 7.300 kematian akibat kanker paru-paru setiap tahun.

3. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup dan berkualitas adalah faktor yang penting untuk menjaga kesehatan jantung. Penelitian itu, yang meneliti 3.000 orang dewasa berusia di atas 45, menemukan bahwa mereka yang tidur antara enam dan delapan jam semalam memiliki jantung yang lebih sehat. Para peneliti percaya bahwa sangat sedikit tidur menyebabkan perubahan kondisi kesehatan yang mendasarinya, termasuk tekanan darah dan peradangan.

Cobalah tidur tujuh hingga delapan jam setiap malam. Studi menunjukkan bahwa cukup tidur pada usia berapa pun penting untuk kesehatan jantung.

4. Turunkan Tingkat Stres

Meskipun tidak ada hubungan langsung yang jelas antara tingkat stres yang tinggi dan penyakit jantung, stres itu sendiri dapat menimbulkan risiko bagi kesehatan jantung. Pasalnya, stres dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, makan berlebih, kurang berolahraga, atau merokok lebih dari biasanya.

Stres jangka panjang juga bisa mengakibatkan tubuh Anda meningkat kadar hormon stresnya, seperti hormon adrenalin dan kortisol, yang meningkatkan risiko serangan jantung. Luangkan waktu luang  Anda untuk bersantai atau melakukan kegiatan yang Anda sukai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *